Biaya Pernikahan

No Comments
Untuk cinta? Atau untuk uang? Apapun alasan Anda untuk menikah (kami berharap karena cinta), persoalan uang dan keuangan merupakan bagian penting yang tak terlepaskan. Sebelum mengarungi bahtera pernikahan, kami sangat menganjurkan, Anda dan pasangan Anda untuk membicarakan permasalahn uang dan keuangan.
Meleburnya dua individu dalam ikatan suci pernikahan, membutuhkan bukan saja cinta tapi juga saling pemahaman dan pengertian terutama persoalan keuangan. Karena banyak sekali kejadian di mana persoalan keuangan bisa mengakibatkan keretakan kehidupan keluarga.
Untungnya, kami memiliki informasi yang dapat membantu Anda untuk mengatasi kemungkinan timbulnya permasalahan keuangan dan melangkah dengan benar dalam persoalan keuangan keluarga.
Biaya Pernikahan
Merencanakan pernikahan bukan saja dibutuhkan kesiapan mental tapi juga kesiapan modal. Biaya yang harus dikeluarkan untuk peresmian dan selamatan, tidaklah sedikit. Di bawah ini kami lampirkan contoh kebutuhan biaya untuk acara pernikahan yang umum dilakukan. Untuk lebih lengkapnya, mungkin Anda dapat berkonsultasi dengan wedding orginazer.
Dalam merencanakan acara pernikahan, banyak orang yang ingin membuat sebuah acara yang spektakuler dengan biaya yang mahal. Tapi ingat, yang terpenting dalam acara ini adalah kesiapan dalam hal keuangan.
Sesuaikan dengan keuangan yang Anda miliki. Kebiasaan masyarakat Indonesia, sebagian besar biaya pernikahan ditanggung oleh pihak perempuan, walau begitu pihak laki-laki biasanya tetap memberikan dana untuk kebutuhan tersebut.
Biaya pernikahan mudah sekali untuk membengkak, mulai dari dekorasi sampai cincin kawin. Semua ini bisa mengakibatkan kenaikan harga yang tidak sedikit. Oleh karena ini, menetapkan anggaran untuk semua pengeluaran yang harus dikeluarkan merupakan langkah yang paling bijak.
Walau pihak keluarga dalam hal ini ikut serta membiayai acara pernikahan Anda, sebaiknya Anda tau secara realistik apa yang sanggup atau bisa Anda keluarkan untuk acara ini.
Di bawah ini ada beberapa tip singkat yang dapat membantu Anda mengantisiapasi berbagai kemungkinan meningkat biaya pernikahan selama perencanaan dilakukan:
Seragam untuk keluarga bisa disewa daripada dibeli.
Pertimbangkan untuk memakai undangan yang simple dan murah. Karena setelah dibaca akan terbuang.
Biaya untuk dekorasi bisa sangat membebani. Rencanakan dekorasi seperti apa yang Anda inginkan. Cobalah untuk mencari alterntif biaya. Pertimbangkan untuk menyelenggarakannya di masjid atau menyewa ruang pertemuan dari pada di hotel.
Bicarakan siapa saja yang akan diundang. Karena ini sangat berpengaruh dengan biaya yang harus dikeluarkan.

Quiz Menikah
Untuk membantu pasangan memahami posisi mereka saat ini, kami membuat quiz singkat yang kami sesuaikan dengan kondisi Indonesia, yang kami ambil dari salah satu website keuangan. Semoga dengan quiz ini dapat membantu Anda untuk memahami lebih dalam pasangan Anda dan untuk menfasilitasi kebutuhan diskusi keuangan bagi pasangan yang akan menikah. Quiz ini, sebatas melihat mengenai keselarasan Anda dan pasangan Anda dalam hal keuangan.
l Kita membicarakan masalah keuangan secara regular—Yes or No
l Kita telah memutuskan siapa yang akan mengatur masalah tagihan begitu menikah—Yes or No.
l Saya merasa pasangan saya mengelola keuangannya dengan baik—Yes or No.
l Saya tau berapa utang dan tabungan pasangan saya saat ini (sebelum menikah)—Yes or No.
l Di antara kita berdua, kami memiliki 5 kartu kredit—Yes or No.
l Saya merasa, pasangan saya selalu menghindar bila membicarakan soal uang—Yes or No.
l Kita memiliki impian keuangan yang sama—Yes or No.
l Kita sudah menyepakati berapa kebutuhan biaya untuk hidup nyaman—Yes or No.
l Bila kita mendiskusikan soal uang, pasangan saya tidak pernah menyepelekan pendapat saya—Yes or No.
l Kita memiliki rencana keuangan—Yes or No.
Untuk menghitung nilai yang didapat, untuk no. 1,2,3,4,7,8,9, dan 10 bila jawaban Anda “Yes” Anda mendapat 1 nilai. Untuk No.5 dan 6, bila jawaban Anda “No” maka Anda memperoleh 1 nilai. Total semua jawaban Anda dan perhatikan ukuran nilai di bawah ini.
Range Nilai 0-5
Bila nilai Anda berada dalam range nilai ini, maka bisa dikatakan bahwa keselarasan keuangan Anda dan pasangan Anda memerlukan perhatian. Coba minta pasangan Anda untuk menjawab quiz tersebut di atas, bila jawabannya masih tetap tidak banyak berubah, Anda dan pasangan Anda sangat membutuhkan profesional keuangan untuk membantu Anda memahami lebih dalam soal keuangan keluarga dan melihat perspektif keuangan yang sama antara Anda dan pasangan Anda.
Range Nilai 6-10
Anda dan pasangan masa depan Anda memiliki banyak kesamaan dari segi padangan mengenai uang. Pastinya cinta pada pandangan pertama bukan? Dalam hal ini Anda berada dalam jalur yang benar. Terus berkomunikasi, dan yang lebih penting lagi adalah terus lakukan perencanaan yang telah Anda buat dan ikuti perkembangannya setahun sekali. Rasa risponsibiliti Anda terlihat jelas bahwa Anda merasa bahwa perencanaan keuangan sangat penting dalam mengarungi bahtera kehidupan berumah tangga.

Satu Atap
Bila Anda memutuskan untuk menikah, kami sangat menganjurkan untuk memulai keterbukaan, baik dalam hal aset atau kekayaan yang Anda miliki maupun utang yang masih tersisa. Tidak baik untuk memberikan kejutan-kejutan dalam hal keuangan, apalagi hal yang buruk. Cobalah untuk membicarakan kedua hal ini dengan pasangan Anda.
Hutang adalah pesoalan keuangan yang seharusnya Anda infromasikan kepada pasangan Anda. Dengan membicarakan hal ini bisa menjadikan awal yang baik dengan adanya saling keterbukaan dan kejujuran.
Dalam hal pengelolaan keuangan, mungkin ada yang lebih menyukai untuk tetap memiliki tabungan masing-masing. Yang lebih penting di sini adalah menetapkan siapa yang membayar, apa yang dibutuhkan keluarga. Tapi yang lebih penting lagi adalah siapa yang akan melakukan investasi guna mencapai tujuan keuangan yang Anda dan pasangan Anda impikan.
Dalam hal pengeluaran, cobalah untuk menyepakati beberapa aturan dasar keuangan. Misalkan bila salah satu Anda ingin membelanjakan sesuatu dengan nilai cukup besar, diskusikan dengan pasangan Anda terlebih dahulu. Satu acc. Atau dua, yang terpenting adalah menganggarkan kebutuhan pengeluaran Anda berdua. Biasanya pasangan memberikan cadangan pengeluaran personal bagi mereka berdua. Sepakati nilainya.

Menabung Sedini Mungkin
Mulailah menentukan tujuan yang Anda dan pasangan Anda inginkan. Bergantung dari tujuan keuangan yang Anda dan pasangan miliki, Anda memiliki waktu dari hanya beberapa tahun sampai lebih dari 30 tahun untuk menyisihkan dan menginvestasikan uang yang Anda hasilkan setiap bulan. Semakin panjang waktu yang Anda miliki akan semakin sedikit uang yang harus Anda sisihkan dan investasikan untuk tujuan keuangan (nilai) yang sama. Misalkan Anda ingin memiliki uang di saat Anda berumur 50 tahun sebesar Rp. 1 miliar dan Anda hanya memiliki waktu 10, 15, 20, 25, 30, 35 dan 40 tahun untuk mencapainya maka Anda harus menyisihkan sebesar (asumsi bunga 10 persen/ tahun):
Terlihat jelas dalam contoh perhitungan ini, semakin panjang waktu yang Anda miliki akan semakin sedikit uang yang harus Anda sisihkan secara regular setiap bulan atau tahunnya. Bila Anda memiliki waktu 40 tahun lagi untuk mencapai Rp.1 miliar maka Anda hanya membutuhkan dana setiap bulan untuk diinvestasikan sebesar Rp.171,200. Oleh karenaitu, kami sangat menganjurkan Anda, untuk memulianya sekarang, saat Anda memulai kehidupan Anda berdua.
Satu hal lagi yang juga perlu Anda pertimbangkan berdua adalah soal proteksi—asuransi. Cobalah untuk meninjau ulang apa yang dimiliki pasangan Anda dan Anda. Karena berjaga-jaga terhadap segala musibah yang mungkin terjadi merupakan langkah bijak, apalagi waktu yang Anda miliki masih panjang. Jangan tunda untuk merencanakan proteksi bagi Anda dan pasangan Anda. Selamat menempuh hidup baru.


back to top