Biaya Pernikahan - Hemat

No Comments
Setiap pasangan yang akan menikah pasti telah memikirkan biaya yang harus dikeluarkan. Untuk calon pengantin yang memiliki dana tak terbatas, dana atau biaya untuk acara pernikan tentu tidak menjadi masalah. Bagaimana dengan pasangan yang memiliki dana terbatas?
Biasanya kita merasa tabu untuk beberapa hal yang sudah menjadi kelaziman dalam acara pernikahan, tetapi pada saat ini, di era keterbukaan, sebaiknya semua hal dibicarakan dengan baik antar kedua pasangan, karena terdapat hal-hal yang dapat meringankan biaya pernikahan. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.
  • Ucapara
Upacara pernikahan biasanya cukup memakan biaya, terutama bagi pasangan yang ingin menggunakan upacara tradisional. Upacara tradisional sebaiknya dilakukan hanya bagian yang penting saja dengan tidak mengurangi kehikmatan upacara itu sendiri.
  • Pakaian/Seragam Keluarga
Biasanya pada saat pernikahan, keluarga dekat, kakak-adik dan lain-lain menggunakan seragam/pakaian yang senada. Untuk pakaian keluarga sebaiknya diberikan penjelasan agar masing-masing menyiapkan pakaian sendiri, bukan tanggungan dari calon pengantin. Mungkin hal ini bukan bagian yang menyenangkan, tetapi pakaian/seragam keluarga dapat menghemat biaya pernikahan dalam jumlah yang cukup besar.
  • Bunga
Biaya untuk bunga lumayan besar, sehingga untuk menghemat kita bisa memadukan bunga segar dengan bunga plastik. Kemukakan hal ini kepada ahli dekorasi bunga anda.
  • Transportasi
Kemukakan pada saat rapat dengan panitia pernikahan anda bahwa anda tidak menyediakan sarana transportasi bagi seluruh panitia. Apabila acara pernikahan dilakukan di gedung, anda harus meminta panitia dan keluarga untuk hadir di gedung pada waktu yang telah ditentukan dengan menggunakan sarana transportasi masing-masing.





back to top